CARA BERTERNAK LOVEBIRD YANG BENAR | Tombie13

CARA BERTERNAK LOVEBIRD YANG BENAR

blogger templates

CARA BERTENAK LOVEBIRD

Lovebird merupakan spesies burung yang mulai di gandrungi orang untuk di budidayakan.Salah satu jenis burung kicau yang lagi ngetren saat ini serta memiliki nilai jual cukup tinggi. Lovebird hingga kini terus difavoritkan oleh kalangan pecinta burung. Sehingga tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mencoba membudidayakanya.
Baiklah, kita mulai membahas bagaimana cara beternak lovebird dengan benar.

Cara Ternak Lovebird
Berikut beberapa langkah untuk berternak lovebird.

a. Menyiapkan kandang ternak lovebird
Pertama kita sediakan kandang khusus ternak. Kandang lovebird biasanya berbentuk kotak persegi yang terbuat dari jeruji besi, kita bisa mencari di toko yang menjual makanan burung. Biasanya harga kandang lovebird berkisar di bawah 200ribuan perkandang.

b. Menyiapkan sepasang lovebird
Kita siapakan sepasang lovebird dulu, jangan lupa untuk mengecek jenis kelaminnya guys. Haha... jangan sampai jenis kelaminnya sama. Wah bisa bahaya nih,hehehe...

Ciri-Ciri Lovebird Betina yang siap kawin :
*Kedua sayapnya direntangkan dan bagian ekor diangkat ke atas itu pertanda siap kawin dan ingin segera kawin.
*Mempunyai supit yang lebih lebar dan lentur dibanding pejantan.

Ciri Lovebird Jantan yang siap kawin :
*Mempunyai supit yang lebih kaku dan sempit dibanding betina.
*Sering menggesek-gesekan pantatnya ke tangkringan.

c. Mulai menjodohkan lovebird
Selanjutnya kita jodohkan si betina dan si jantan untuk di kawinkan. Yang perlu anda lakukan adalah mendekatkan kedua lovebird agar mereka saling mengenal kemudian berjodoh.
Ingat,sebaiknya jangan langsung dikumpulkan jadi satu karena mereka bias saja berantem.

d. Proses bertelur dan mengerami
Lovebird akan bertelur di dalam glodok yang telah disediakan. Jangan lupa tempat si betina bertelur harus dilengkapi serutan kayu yang telah kering atau bisa juga menggunakan unjal yang tebuat dari kulit jagung.

Burung lovebird biasanya menghasilkan telur minimal 4 s/d 5 butir. Bila kurang dari itu maka produksinya bisa dikatakan kurang baik.
Telur-telur lovebird akan mulai diengkrami selama kurang lebih 22 s/d 25 hari.
Sebaiknya selama proses mengerami kedua indukan jangan sesekali diganggu dengan cara sering melihat telur di dalam glodok agar lovebird bisa nyaman dan tidak stres.

e. Makanan untuk anak lovebird
Untuk makanan indukan lovebird yang sedang meloloh anaknya yang baru menetas sebaiknya adalah jagung muda atau memberikan wor (makanan anak ayam) biar cepat besar. Tapi jangan lupa untuk tetap memberikan pakan biji-bijian.

f. Memisahkan anak lovebird dari induknya
Anda harus memisahkan anakan lovebird ketika umurnya sudah 2 s/d 3 minggu. Untuk usia tersebut sebaiknya anda harus meloloh anakan lovebird, karena mereka belum bisa makan sendiri. Gunanya memisahkan anakan tersebut adalah agar kedua indukan tersebut cepat bertelur kembali.
Tapi jika anda tidak mau repot atau malas untuk meloloh anakan sendiri sebaiknya membiarkan kedua indukan membesarkan anakannya. Yang terpenting selalu mengecek dan menyediakan makanan untuk meloloh agar tidak kehabisan. Setelah anakan keluar dari sarangnya maka  segera piisahkan si anak dengan induknya.
Kemudian bersihkan  kandang beserta glodoknya. Buang saja bekas engkraman tersebut agar terhindar dari hama yang bisa menganggu proses pengembangbiakkan selanjutnya.

Demikian artikel ini saya tulis, sekiranya bisa membantu anda-anda yang ingin berternak Lovebird sehingga berhasil dan sukses. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.
 Selamat mencoba guys....

Penulis
Tombie13





0 Response to "CARA BERTERNAK LOVEBIRD YANG BENAR"

Post a Comment